NFT Sebagai Investasi Atau Solusi Industri Kreatif

Cryptoerisa- Pembahasan kripto dengan inovasi dan perkembanganya nampaknya akan tetap berlanjut, sektor industri digital ini setiap tahun selalu memiliki chapter baru.



by :CryptoRail

NFT mungkin menjadi sasaran pasar pengembang untuk kripto beberapa tahun lalu, dan sempat booming. Mungkin dengan target para penggiat dunia kreatif dirasa akan cukup memberi sentuhan warna dengan berbagai prodak digital.

Mulai dari foto, lukisan abstrak, meme, hingga gambar yang menurut kamu tidak menarik bisa menjadi NFT bernilai tinggi. Contoh, beeple, bored ape, atau Ghozali everyday dengan koleksi foto close upnya yang mampu menarik untung dari NFT. 

Hal ini yang membuat pasar kripto sempat membumbung waktu itu. Pengaruh transaksi NFT menjadi salah satu faktor, karena dalam transaksinya menggunakan beberapa koin Kripto, Ethereum, solana, atau Polygon/matic.

Beberapa hal yang menjadi alasan developer menjadikan NFT sebagai pengembang kripto cukup rasional dan terbilang mudah di terima. 

Mungkin NFT menyediakan cara bagi Digital Ownership untuk membuktikan kepemilikan dan keaslian aset atas karya digital mereka yang sebelumnya memang sulit di dapatkan di dunia digital.

Selain itu NFT didasarkan pada teknologi blockchain, yang memastikan transaksi aman dan transparan. Di ikuti dengan antusias selebriti dan merek terkenal yang mulai membuat dan mendukung NFT, membawa perhatian mainstream dan menarik audiens yang lebih luas.

Big brand NFTs by:Keyring pro



Setiap NFT yang di ciptakan juga unik namun tidak dapat diulang karena setiap item memiliki nilai haki dan kontrak blockchain, faktor ini menciptakan rasa kekurangan dan eksklusivitas, yang berpengaruh pada nilai atau harga item tersebut.

Beberapa NFT menawarkan pengalaman interaktif atau utilitas dalam dunia virtual, menambahkan nilai praktis yang sangat inovatif dan luar biasa. Alasan alasan tersebut mungkin mempengaruhi Seniman dan pencipta untuk melihat NFT sebagai cara baru dalam menghasilkan uang dari kreasi digital mereka, yang mengarah pada peningkatan seni digital, musik, dan koleksi.

 Kontrak cerdas dalam NFT juga dapat memastikan bahwa seniman menerima royalti setiap kali karya mereka dijual kembali. Ini memberikan sumber pendapatan yang berkelanjutan, bahkan ketika nilai pekerjaan mereka dihargai dari waktu ke waktu. Faktor faktor ini lah yang menarik investor dan bersepekulasi bahwa NFT memiliki pengembalian tinggi.

Walau akhir akhir ini volatilitas nya menurun dan nyaris sepi peminat, se akan tidak menjadi solusi berkepanjangan bagi pasar kripto . Namun dampak penuh NFT pada pasar kreatif masih berlangsung, jelas bahwa mereka mampu mengubah cara kita melihat, membeli, dan menjual karya kreatif, menawarkan peluang dan tantangan baru bagi seniman dan industri secara keseluruhan.

Sudut pandang penulis

Terlepas dari berbagai pertanyaan, argumen, dan penilain skeptis tentang nft, layak sebagai investasi atau pasar kreatif? Menurut kami jika NFT di nilai sebagai investasi mungkin akan sangat beresiko tinggi bahkan dari kripto itu sendiri walaupun sifat NFT demikian. 

Jika mengacu pada nilai seni dan keeksklusivefan-nya, NFT mungkin belum dapat menggantikan seni traditional. Dalam seni tradisional sederhananya kita mengenal nilai historis, entah dari umur karya seninya atau dari pembuatnya, misalkan lukisan Monalisa atau karya karya Picaso. Jelas faktor tersebut yang membuat karya menjadi lebih berharga. 

Mungkin kalau NFT di pandang hanya sebagai media dan platform industri kreatif dengan mengesampingkan nilai investasinya akan lebih masuk akal. Kalangan luas juga lebih banyak yang akan menerima sebagai platform jual beli di industri kreatif saja. Dengan nilai pasar tidak begitu voletail siapapun akan mudah masuk di ekosistemnya, mengingat begitu banyak opsi dan tema kreatif yang di berikan.

      Bagaimana menurut kalian???

 

Disclaimer : Pasar kripto dan aset NFT sangat fluktuatif, Artikel ini hanya memberikan informasi argumen mengenai seputar kripto dan NFT tanpa bermaksud menjatuhkan atau menyinggung industri tertentu, serta tidak bermaksud mengajaka untuk melakukan pembelian atau investasi. Jika ingin berinvestasi di kripto gunakan riset sendiri dalam melakukanya.









.









Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak