Regulasi Kripto

Ya, regulasi cryptocurrency adalah topik yang sangat penting dalam ekonomi modern. Cryptocurrencies benar-benar telah mendapatkan tempat, support dan memiliki dampak yang luar biasa pada investasi dan ekonomi. 

by: cointelegraph.com

Meskipun ada beberapa negara yang sudah menerima sistem ini, akan tetapi masih samar samar. Sempat menjadi agenda dan topik IMF, kalau kripto harus ada regulasinya, namun banyak negara yang masih menganggapnya sepele. 

Padahal sudah jelas kalau di lihat dari sirkulasi dalam perkembangan ekonomi sangat luar biasa besar. Sekelas Elon Musk atau Perusahan bursa saham Blackrock saja mengafirmasi memiliki aset tersebut. Mengingat begitu banyak pengguna dan jumlah uang yang berputar, regulasi adalah keputusan yang harus segera di buat. Berbagai alasan mendasar bisa menjadi faktor pertimbangan.


Alasan Regulasi Kripto

1. Perlindungan Investor, peraturan dapat melindungi investor dari penipuan, scam, dan praktik yang tidak legal terkait dengan cryptocurrency. Kurangnya regulasi di pasar kripto kadang-kadang dapat menyebabkan skema penipuan yang mengeksploitasi investor atau pengguna, karena kurangnya pengetahuan akan aset tersebut.

2. Stabilitas Pasar, karena pasar cryptocurrency bisa sangat volatile. Regulasi dapat memperkenalkan mekanisme untuk mengelola volatilitas ini dan mencegah manipulasi pasar, monopoli aset, dan tindakan ilegal lain yang berpengaruh pada harga. Memastikan lingkungan yang lebih stabil bagi investor dan ekonomi secara luas menjadi sebuah keharusan.

3. Mencegah Aktivitas Ilegal, aset Cryptocurrencies dapat digunakan untuk kegiatan ilegal karena sifat pseudonimnya. Peraturan dapat menetapkan kerangka kerja untuk mencegah pencucian uang, pembiayaan terorisme, dan kegiatan ilegal lainnya yang terkait dengan cryptocurrency.

4. Pajak dan Pengumpulan Pendapatan, yang memungkinkan pemerintah untuk mendaftarkan transaksi cryptocurrency, memastikan bahwa ekonomi mendapat manfaat dari pendapatan yang dikenakan pajak yang dihasilkan melalui investasi dan transaksi kripto. Hal ini juga bisa menjadi komoditi saham baru yang mungkin akan lebih efisian dan mudah dalam transaksinya.

5. Kepercayaan konsumen, menjadi target dan point penting tersendiri. Ketika ada pedoman dan pengawasan, itu sering menyebabkan peningkatan kepercayaan di pasar, mendorong lebih banyak partisipasi dan investasi. Hal ini juga dapat di manfaat beberapa perusahan yang mengeluarkan aset kripto untuk mencapai target dari project mereka.

6. Inovasi dan Pertumbuhan bisa lebih baik lagi, Peraturan yang masuk akal dapat mendorong inovasi di ruang cryptocurrency, entah dalam bentuk layanan, atau sebagai alat pembayaran. Karena startup dan perusahaan yang sah lebih mungkin memasuki pasar nantinya, ketika ada aturan yang jelas.

rule map crypto , by: sumsub.com


Kesimpulan

Namun, penting bagi regulasi untuk mencapai keseimbangan dengan berbagai pertimbangan, sejauh mana aset ini mampu di gunakan masyarakat luas. Mereka harus memberikan pengawasan dan perlindungan tanpa menekan inovasi dan aspek pendukung lainya. Mencapai keseimbangan ini sangat penting untuk perkembangan yang sehat dari pasar cryptocurrency dalam ekonomi yang lebih luas.


Disclaimer : Pasar kripto sangat fluktuatif, Artikel ini hanya memberikan informasi mengenai seputar kripto, dan argumen di atas tidak bisa di jadikan sebagai acuan, setiap individu atau komunitas mempunyai perspektifnya masing masing, tidak ada ajakan untuk melakukan pembelian atau investasi. Jika ingin berinvestasi di kripto gunakan riset sendiri dalam melakukanya.







Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak