Crypto ETF Dalam Bursa Saham

Cryptoerisa - ETF kripto di setujui?. Kabar gembira buat pemegang aset, atau masih jadi pertanyaan, bener ga sih?.


pictures by : blockchair.com


Pekan yang luar biasa ya, setidaknya sampai menjelang akhir pekan ini. Market lagi ijo, bak sinar gamma yang membuat bruce menjadi over power. Persetujuan ETF bitcoin nampaknya menjadi narasi yang sangat berpengaruh, pasalnya hampir semua aset kripto mengalami lonjakan. 


Di kutip dari CNBC Indonesia, nampaknya pengajuan ETF Bitcoin sangat berdampak bagi aset kripto bak pesta pora. Bahkan berita ini di perkuat setelah beberapa media juga memberikan narasi jika spot Bitcoin ETF listing di nasdaq (Crypto Beat). 


Keputusan ini nampaknya memperjelas kemana arah tujuan Kripto selama ini. Persetujuan ETF nyatanya menjadi aspek penting untuk sebuah aset atau saham. Mungkin kah Kripto nantinya benar benar bisa menggantikan emas atau aset lainya??. Lalu apa ETF itu?


ETF

ETF, atau Exchange-Traded Fund, adalah jenis dana investasi dan produk yang diperdagangkan dengan saham yang dapat ditukarkan di bursa saham. ETF mirip dengan dana bersama, seperti saham, komoditas, atau obligasi yang di perdagangkan di bursa saham. 

ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli. berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek.

pictures by : CryptoSlate.com


Berinvestasi dalam ETF memungkinkan Anda untuk mendapatkan eksposur terhadap portofolio aset yang beragam tanpa harus membeli semua komponen individual secara terpisah. ETF populer di kalangan investor karena mereka menawarkan likuiditas, diversifikasi, dan umumnya memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa opsi investasi lainnya. 

Berarti hal ini memungkinkan investor memiliki aset kripto tanpa membeli koinya atau token, tetapi mempunyai lembar saham dari perusahaan penerbit?? wahh keren dong. Lantas sepenting apa sih ETF untuk sebuah aset?.

Pentingnya ETF

Tentu saja! ETF penting karena beberapa alasan berikut

1. Diversifikasi
ETF memungkinkan investor untuk diversifikasi investasi mereka di berbagai aset, mengurangi risiko yang terkait dengan berinvestasi dalam saham atau obligasi individu. Dengan memegang keranjang aset, ETF membagi risiko, menjadikannya pilihan yang menarik bagi investor baru dan yang sudah berpengalaman.

2. Likuiditas
ETF diperdagangkan di bursa saham, yang berarti mereka dapat dibeli atau dijual sepanjang hari perdagangan dengan harga pasar. Liquiditas ini memberikan investor fleksibilitas untuk memasuki atau keluar posisi dengan mudah, tidak seperti beberapa jenis investasi lainnya.

3. Efisiensi biaya
ETF sering memiliki biaya, dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan dana bersama. Efisiensi biaya ini menarik bagi investor karena berarti lebih banyak uang mereka diinvestasikan daripada dihabiskan untuk biaya manajemen.

4. Transparansi
ETF biasanya menunjukan atau memberikan info mengenai saham mereka setiap hari. Transparansi ini memungkinkan investor untuk tahu persis aset apa yang mereka miliki serta memberikan pemahaman yang jelas tentang investasi mereka.

5. Aksesibilitas
ETF menawarkan cara yang nyaman bagi investor untuk mengakses berbagai pasar dan sektor, termasuk yang mungkin sulit untuk diinvestasikan, seperti komoditas atau pasar asing.

6. Fleksibilitas
ETF mencakup berbagai aset, termasuk saham, obligasi, komoditas, dan banyak lagi. Variasi ini berarti investor dapat memilih ETF yang selaras dengan tujuan investasi mereka, apakah mereka mencari pendapatan, investasi modal, atau keseimbangan keduanya.

Secara keseluruhan, pentingnya ETF terletak pada kemampuan mereka untuk mendemokratisasi investasi, menyediakan individu dengan akses yang terjangkau dan efisien ke portofolio yang beragam, yang secara historis sering hanya tersedia untuk investor institusi.

Conclusion

Artinya jika benar aset Kripto ETF, investor dapat membeli aset tersebut tanpa melalui exchange tertentu, hal ini mungkin juga menjadi tujuan Kripto menjadi komoditas atau aset baru yang bersain di bursa efek.

ETF secara tidak langsung mampu mengafirmasi bahwa aset ini layak dan harus di pertimbangkan.

gimana nih sob menurut kalian, manuvernya luar bisa juga ya.

Disclaimer : Pasar kripto sangat fluktuatif, Artikel ini hanya memberikan informasi mengenai seputar kripto, dan argumen di atas tidak bisa di jadikan sebagai acuan, setiap individu atau komunitas mempunyai perspektifnya masing masing, tidak ada ajakan untuk melakukan pembelian atau investasi. Jika ingin berinvestasi di kripto gunakan riset sendiri dalam melakukanya.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak